Home > Serba-serbi Motor > Tips Membeli Sepeda Motor Bekas (2): Pemeriksaan Bodi & Sasis

Tips Membeli Sepeda Motor Bekas (2): Pemeriksaan Bodi & Sasis

Melanjutkan dari artikel sebelumnya maka selanjutnya kita lakukan pemeriksaan pada bagian bodi dan sasis (rangka). Sebelum melakukan pemeriksaan bodi dan sasis ada baiknya terlebih dulu mengetahui apa yang dimaksud bodi dan sasis tersebut. Bodi (motor) secara garis besar dapat diartikan sebagai badan keseluruhan sepeda motor yang bersangkutan, dengan demikian bodi meliputi seluruh penampilan sepeda motor yang tampak. Sedangkan sasis adalah rangka utama tempat seluruh komponen sepeda motor melekat.

Pemeriksaan Bodi

Secara umum pemeriksaan bodi dapat dilakukan sebagai berikut:

Sepeda motor harus dalam keadaan berdiri tegak di atas standart (penyangga atau jagrak kalau kata orang Lumajang:mrgreen: ) tengah/standart ganda. Jika didapati keadaannya miring (ke kiri / ke kanan), berarti ada ketidak-beresan pada poros (as) standar tengah, biasanya lubang as sudah aus atau bisa jadi per/pegas standart sudah melemah.

Cover body, periksa keseluruhan bodi dengan teliti jika ditemukan bekas penyok, pecah dll. Bisa ditanyakan ke si pemilik atau penjual apakah motor ini pernah terjatuh, tabrakan atau hal-hal lain.

Roda, Periksa bagian-bagian roda apakah masih layak pakai, setidaknya jika ada kekurangan dana untuk perbaikannya tidak terlalu mahal. Contoh permasalahan yang sering ditemui: pelek sudah peyang, laher roda yang goyah/oblak, kondisi rem yang sudah tidak pakem lagi, kalo terdapat kabel speedometer periksa juga apakah masih berfungsi dengan baik karena ini merupakan nilai plus sebuah sepeda motor bekas (penggunanya care dengan motor).

Shocbreaker, periksa kondisi suspensi (shockbreaker) depan dan belakang juga dengan cermat. Kondisi shockbreaker yang sudah cacat bisa dilihat dengan ciri-ciri: kondisi shock tidak lurus lagi, terdapat bekas goresan pada batang shock dan juga terdapat rembesan oli yang keluar dari shockbreaker.

Rantai-Gir, rantai yang normal adalah jika diputar tidak muncul bunyi gemeretakkan akbiat beradu dengan gir. Jika rantai tidak lagi melekat rapat pada gir dan ketika diputar kekencangan rantai tidak rata (kencang-kendor) maka rantai tersebut sebagian atau keseluruhan sudah aus yang selayaknya segera diganti sebelum putus. Demikian juga dengan roda gigi alias gir, perhatikan tingkat keruncingannya jika terlalu runcing mending segera diganti atau diberikan sama tukang es batu buat pemotong es:mrgreen:

Stang kemudi, pastikan stang kemudi center, tidak bengkok atau miring sebelah.

Pemeriksaan Sasis

Pada umumnya cara melihat sasis cukup dengan memicingkan sebelah mata dari arah belakang atau arah depan motor dengan acuan kelurusan kedua ban. Namun ada baiknya juga memeriksanya dengan cara motor dikendarai langsung, tentunya dengan izin si pemilik atau penjualnya. Caranya jalankan motor dengan kecepatan sedang, coba lepaskan kedua tangan dari setang kemudi, konsentrasi dan jaga keseimbangan badan, jika motor berat sebelah atau oleng hal ini menandakan sasis sepeda motor tersebut tidak atau kurang normal.

Jika mau lebih teliti lagi, perhatikan juga jika terdapat bekas las-lasan sambungan pipa sasis yang mungkin disebabkan karena patah akibat benturan yang keras.

Nah…dari seluruh kegiatan pemeriksaan sasis tadi jika dirasa terlalu banyak ke-tidakwajar-annya daripada kenormalannya sebaiknya segera dibawa ke RSJ eh salah:mrgreen: batalkan saja niat kita untuk membelinya, namun jika menurut njenengan masih dalam batas kewajaran ya silahkan dilanjutkan untuk melakukan pemeriksaan pada bagian mesin, yang juga akan disambung pada artikel episode berikutnya😀

 

Semoga bermanfaat

  1. 3 November 2010 at 19:05

    ooo…sasis…ooo…sasis….

  2. Basho
    3 November 2010 at 19:45

    Kalo punya kenalan orang dalem leasing, silakan mampir ke gudang leasing. Biasanya disana banyak nangkring motor2 bekas hasil tarikan yang umurnya baru beberapa bulan dan masih mulus. Harga juga bisa diotak-atik (kan ada kenalan orang dalem). Kecuali kalo pihak leasing udah nerapin harga standar buat motor2 tarikannya

  3. 3 November 2010 at 20:21

    @Juragan BTS:
    Mesthi dikirane susis eh sosis:mrgreen:

    @Basho:
    Wah…boleh tuh, saya ada 2 tetangga yg kerja di leasing sepeda motor, tapi yg udah jadi rahasia umum motor tarikan leasing, spare-partnya terutama ‘jeroannya’ sudah banyak yg di ‘jarah’ sama pemiliknya.🙂 cmiiw

  4. 3 November 2010 at 20:26

    kesuwun inpone

  5. 3 November 2010 at 21:02

    bermanfaat nih… bagi yamg nyari motor bekas

  6. 3 November 2010 at 21:44

    motor kredit macet tu yang kadang bahaya…
    ada yang partnya udah diganti,,,
    kalo perlu di cek di leasing terpercaya…

  7. Basho
    3 November 2010 at 22:53

    @cak poer & bro mercon:
    Emang bener. Makanya tadi saya bilang juga harus punya kenalan orang dalem. Lha wong pernah waktu motor saya jatuh, body depan motor sampe lecet2. Sedih..padahal tadinya mulus. Trus kenalan saya itu nawarin kalo mau diganti part body depan baru gratis, gampang. Saya bilang, wah, dapet dimana tuh barangnya? Dia bilang tinggal nyomot/mretelin dari motor tarikan yang nangkring di gudang. Wealah!!! Dan ternyata gonta-ganti part motor kaya gitu udah biasa buat mereka. Ckckck…

  8. 4 November 2010 at 00:20

    dengan trik dari masbro ini, dijamin motor bekas modif nggak bakal payu..wakakakakak (kecuali yang emang seneng)

  9. 4 November 2010 at 05:04

    Kalo mau beli mtr 2nd,ngajak cakpoer aja boleh gak cak?:mrgreen:

  10. 4 November 2010 at 07:37

    mantafff infonya cak…

  11. 4 November 2010 at 08:31

    @Kang Tri:
    ya padha2 kang..

    @Cak Darmawan:
    Iya nih…apalagi sekarang banyak brojol motor2 baru, peluang motor2 lama banyak yg dijual, atau malah dikoleksi ya…🙄

    @Mercon C alias Mercon Mretelli:
    hmm…ya banyak yg sudah pernah ngalami hal ini

    @Basho:
    jangan2 yg banyak dijual di pasar loak/klithikan salah satu sumbernya dari situ ya ckckckck

    @nick69coolrider:
    buahahaha…biaya booking sewanya bisa lebih mahal lho, do it your self because it’s your ‘duit’:mrgreen:

    @pak mitra:
    sip…seneng juga di blog sampeyan banyak info2 yg berisi tentang permotoran, nice sharing pak😉

  12. pu2y
    4 November 2010 at 08:38

    lebih seneng beli baru…
    lebih puasss…hehehehe

  13. 4 November 2010 at 09:13

    nice info…stickernya mantapp..digoda..ane request yg “Kutunggu Jandamu”:mrgreen:

  14. tafridefraaz
    4 November 2010 at 11:34

    wah itu fotone ganti white beath aja lah:mrgreen:

  15. 4 November 2010 at 16:17

    thanks buat tipsnya ya….

  16. 4 November 2010 at 17:39

    Nice info:)

    episode akeh temen masbro:mrgreen:

  17. 6 November 2010 at 06:22

    yang paling susah kalau deteksi segi tiga atas di motor sport, sering kecele’

    numpang jemuran
    Alrozzi lemes liat cbr
    http://www.2brk.wordpress.com

  18. 6 November 2010 at 06:23

    episode stang mbengkong hehehe

  19. 6 November 2010 at 07:59

    weleh…kalo begawan kok asal sudah suka ya diangkut ajah yak…kagak mikir aneh2….
    http://5osial.wordpress.com/2010/11/05/abu-merapi-memang-sadis-motor-wajib-pasang-filter-nekat-bakal-rontok-jika-terkena/

  20. 6 November 2010 at 12:55

    @pu2y:
    berarti sampeyan termasuk konsumen yg moh repot🙂

    @asmarantaka:
    nanti lak kayak gmbar2 di bak truk itu:mrgreen:

    @tafridefraaz:
    nek dipajang mengko dikirane arep di lego🙂

    @shu_enk:
    Inspirasine juga dowo je🙂

    @A Seen:
    wkwkwkkwk (mbuh sing diguyu ki opone):mrgreen:

    @martini:
    weleh…berarti filinge njenengan ki mantep kok Ki (biasannya karena sudah sangat amat berpengalaman bisa muncul intuisi seperti itu), cmiiw😉

  21. dismas not dimas
    17 November 2010 at 14:56

    makasih mas bro untuk tipsnya😀

  22. rizky lase
    4 January 2012 at 07:53

    kerren

    thx bung

  23. 19 June 2012 at 15:59

    Terima kasih atas informasinya yang sangat bermanfaat bagi kami…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: