Home > Kuliner, Wisata > Kuliner: Nasi Rawon Jatim

Kuliner: Nasi Rawon Jatim

Yups…sudah hari minggu lagi nih, buat mbayar hutang postingan artikel hari minggu kemaren yang absen, maka kali ini saya ingin berbagi informasi kuliner alias informasi makan-makan🙂

Kuliner yang kita bahas kali ini bernama Rawon, makanan berkuah ini konon katanya asli dari Jawa Timur. Mayoritas kabupaten-kabupaten yang ada di Jawa Timur pasti terdapat makanan favorit ini, bahkan mungkin sudah menyeberang sampai ke propinsi tetangga seperti Jawa Tengah dan Yogyakarta. Bahkan dulu ketika saya tinggal di Bandung juga pernah menemui warung-warung yang menjual menu Nasi Rawon ini, mungkin yang jualan berasal dari Jawa Timur.

OK langsung saja, Rawon mungkin sekilas mirip dengan kuah Gule karena warnanya yang coklat-kehitaman, karena warna ini diperoleh dari bumbu masak yang namanya Kluwek. Namun kluwek tidak hanya menghasilkan warna coklat-kehitaman saja namun aroma dan rasa yang ditimbulkan menjadikan kuah semakin gurih dan mempunyai cita rasa khas tersendiri.

Nah…isian wajib dalam rawon adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil/dadu. Mungkin mirip seperti jenis daging sapi yang digunakan pada daging rendang-masakan Padang. Daging ini dimasak sampai empuk dulu baru dicampur dengan kuah Rawon, namun selain daging biasanya juga disertakan lemak daging (gajih) yang menambah sensasi ketika menyantap Nasi Rawon.

Untuk pelengkap dalam satu hidangan Nasi Rawon biasanya ditambahkan tauge/kecambah (dari kacang-ijo) plus dengan sambel koreknya (sambal tanpa tomat).

Menyantap Nasi Rawon cocok dalam segala suasana, tapi kalau saya lebih senang menikmati Nasi Rawon hangat ketika sore/malam hari apalagi pas hujan-hujan ditambah segelas teh hangat hmm….muak nyuzz tenan🙂 Rasa gurih dan empuknya daging sapi-nya langsung membuat sepering nasi yang ikut dihidangkan ludes tak berasa he..he..he..

Bagi temen-temen sekalian yang sedang berkunjung ke daerah Jawa Timur silahkan menyempatkan untuk mencoba menu ini, meskipun hampir di setiap daerah di Jawa juga sudah terdapat warung makan yang menjual Nasi Rawon namun ketika mencoba yang langsung buatan dari Jawa Timur pasti beda sekali rasanya (promosi lagi mode:ON)🙂

Rekomendasi Nasi Rawon enak ada di daerah: Warung Makan Bu Kaji – Stasiun Lama-Lumajang, Nguling-Jl. Probolinggo-Pasuruan, Depan Polda JATIM – Surabaya, Daerah Pasar Pamekasan – Madura dll, silahkan bagi bro sekalian yang pernah berpengalaman makan Nasi Rawon enak untuk sharing ceritanya😉

 

* Gambar-gambar dari situs-situs yang turut serta mempromosikan Nasi Rawon:mrgreen:

Categories: Kuliner, Wisata Tags: , ,
  1. 7 November 2010 at 04:35

    nek daerah pantura Jateng ya ana sing serupa dengan beda nama
    Misale Nasi Gandul di Pati…….rupane yo satu genre dengan nasi rawon..

  2. 7 November 2010 at 07:16

    😯 bikin perut krucak-krucuk nih!
    nitip abu volkanik :
    http://riderkampung.wordpress.com/2010/11/05/peningkatan-radius-zona-aman-gunung-merapi/
    bagi yang ingin mengetahui lokasi jarak aman dari merapi, semoga bermanfaat!

  3. 7 November 2010 at 09:12

    Rawon Nguling Probolinggo-Pasuruan yang rekomended dagingnya empuk, kalo di Bojonegoro malah ditambah kecap aneh rasanya rawon kok manis hehehe

  4. tafridefraaz
    7 November 2010 at 11:55

    nk dolan omaeh cak poer iki suguhane….

  5. 7 November 2010 at 13:04

    @kang maskur:
    Ow…ternyata ada turunannya juga to🙄

    @pak irawan:
    silahkan mencoba pak🙂

    @tafri:
    siap…kutunggu di lumajang he.he.he🙂

  6. 7 November 2010 at 18:29

    @Pak Bedunduk:
    Butul itu…uemmpuk tenan daginge, walah dadi pengen tenanan mangan rawon iki…sluurrrp😛

  7. 8 November 2010 at 07:51

    waktu di Mergan, Malang, rawon gampang nyarinya, hampir setiap warung nasi ada. pnah nyobain di pasar mergan, kalo di banyumas kuahnya aja tp kuenthel pol namanya “PINDHANG”, tp pindhang sekarang jarang dijumpai, dulu wektu kecil kalo ada hajatan menu pindhang wajib ada.

  8. Bogelz
    8 November 2010 at 12:16

    Ws suwe bgt ra tau mangan rawon…! Nang sumantra anane mung nasi padang,gampang mblenger…malah juragane promosi sega rawon.mung mengini tok…
    Kwkwkwkwkwkwk

  9. 8 November 2010 at 14:26

    Aku dulu sebelum naik ke bromo, mampir dulu ke rawon nguling buat menghangatkan badan🙂 di Malang jg ada rawon Nguling di deket embong brantas…

  10. 9 November 2010 at 06:47

    wah rasane memang mak nyus om

  11. damhar
    10 November 2010 at 08:54

    rawon nguling koyone sudah jadi setengah franchise yo, nang ndi2 ono, termasuk nang suroboyo..

    cak poer, lek rawon setan iku piye? daginge daging setan ta?

  12. alrozzzi coolrider 2
    11 November 2010 at 19:56

    ➡ yummy… makan kuahnya sama sambel plus taoge mentah… iiihhhh…. sedapnyeee… (gaya Upin Ipin)…

    seumur-umur, baru 2x makan nasi rawon di Jawa Timur… selebihnya, made in sendiri… haha… Oh ya, sering juga ketika ikut bus patas Jatim (Eka) pernah berhenti makan siang di daerah Caruban, cak… Makannya juga Rawon… hmmm… emang kulinari Indonesia itu jauuuuhhhh lebiiiihhhhh variatif…
    ➡ pesen nasi rawon plus es teh anget, Cak… satu lagi; ga pake lama yaaa… (kabooorrr)

  13. 16 November 2010 at 06:22

    wah rawon-e kesuwen apa urung mambu, tur bosok🙂

  14. 17 November 2010 at 02:17

    nyam nyam cobain juga ini cak.

    http://rosso99.wordpress.com/2010/11/17/tongseng-bro/

    di jamin badan sehat malem kuat.

  15. 18 November 2010 at 18:32

    rawon mbah jenggot di malang. bukanya malam hari. rata2 yang antri noni2 china. rasanya mantab….

  16. Dodik Setiawan Nur Heriyanto
    19 April 2011 at 08:05

    tampaknya saya tertarik untuk mencicipinya… nice post mas… pagi2 bikin saya lapar… hahaha…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: